Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi telah melahirkan percepatan perubahan di segala bidang, yang mempengaruhi
sendi-sendi kehidupan manusia. Menyikapi perubahan
perkembangan
dunia yang semakin menglobal, UNESCO menerapkan empat pilar belajar, yaitu Learning to Know, Learning to Do, Learning
to Live Together, learning to Be. Pada learning
to know terkandung makna bagaimana belajar, learning to do mengandung dimensi kecakapan hidup manusia, learning to live
together mengandung dimensi kehidupan multikultural, dan learning to be mengandung makna belajar untuk mengenal jati diri,
kemampuan dan kelemahan serta kompetensi yang dikuasai untuk membangun
kehidupan yang utuh secara terus-menerus.
Akibat
dari penerapan empat pilar belajar tersebut, melahirkan konsep revolusi belajar,
untuk melakukan perubahan model
pembelajaran dari cara-cara pembelajaran tradisional kearah model
pembelajaran moderen, yang menghendaki peserta didik untuk aktif, inovatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan dalam belajar. Model pembelajaran moderen, yaitu
melatih para peserta didik untuk menjadi sumber belajar, mengubah model belajar
pasif (passive learning) menjadi
belajar aktif (active learning),
mengubah model berpikir fakta (factual thinking) menjadi berpikir kritik (critical
thinking), dari kurang aktif memberi respons menjadi proaktif memberi
respons, dari berpikir abstrak menjadi autentik. Perubahan ini, menempatkan
peranan Pendidikan Nonformal dan Informal dalam posisi yang strategis. Dari uraian di atas, kami mendirikan PKBM Ternak
Mandiri yang fokus pada peternakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar